Berita


  • Admin Bappeda
  • 21 April 2020 - 09:16:45

Pemda DIY telah Menyelenggarakan Musrenbang RKPD DIY 2021 Secara Daring ditengah Kondisi Pandemi Covid-19

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mewakili Gubernur DIY membuka rangkaian Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2020 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) DIY tahun 2021 pada tanggal 14 April 2020. Sambutan Gubernur DIY yang dibacakan oleh Wakil Gubernur DIY menyampaikan, “Musrenbang RKPD tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya jika selama ini mengikuti Musrenbang secara berkumpul bersama-sama dalam satu ruangan, sekarang mengikuti Musrenbang dari masing-masing ruangan dengan memanfaatkan teknologi informasi secara online. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa keterbatasan mobilitas bukan menjadi penghalang untuk tetap bekerja”. Pandemi Covid-19 menjadi keprihatinan bersama, saat ini sudah menyebar di sebagian besar wilayah termasuk di DIY. Selain Pandemi, kemiskinan dan ketimpangan wilayah masih menjadi permasalahan yang harus dikendalikan agar tidak memperburuk angka kemiskinan dan ketimpangan wilayah di DIY.

Kepala Bappeda DIY, Budi Wibowo S.H.,M.M menyampaikan tema RKPD DIY 2021 adalah “Penguatan SDM Unggul dan Pemantapan Infrastruktur Strategis untuk Pertumbuhan Berkualitas”. Perwakilan Menteri Negara PPN/Bappenas, Deputi PEPP: Dr. Ir. Taufik Hanafi MUP dalam paparannya menyampaikan “Dampak Covid 19 mempengaruhi aspek kesehatan dan aspek ekonomi. Perencaan kita harus responsif terhadap kondisi terkini. Perlu adanya aspek pemulihan tidak sebatas pada aspek ekonomi, tetapi secara luas”. Staf Ahli Mendagri, Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dr. Hamdani, MM, M.Si, Ak, dalam arahan penyusunan RKPD 2021 menyampaikan: Reformulasi target kinerja pemda dampak pandemik Covid-19, Fokus pembangunan paska Covid-19 terutama pada sektor: kesehatan, lapangan kerja, dan pangan, Efisiensi dan efektivitas belanja pemerintah daerah.

Pada Musrenbang RKPD DIY 2021 ini disampaikan penghargaan Reka Cipta Bhakti Nugraha 2020 kepada Kabupaten/Kota di DIY. Anugerah Reka Cipta Bhakti Nugraha adalah penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta kepada Pemerintah Kabupaten/Kota di DIY yang memiliki perencanaan pembangunan daerah terbaik dan dinilai sukses meningkatkan kualitas pembangunan daerah. Pengumuman hasil penghargaan Reka Cipta Bhakti Nugraha disampaikan oleh Kepala Bappeda DIY, Budi Wibowo S.H.,M.M dengan hasil penilaian: Kabupaten Kulon Progo (Terbaik I), Kota Yogyakarta (Terbaik II), Kabupaten Sleman (Terbaik III).

Masyarakat dapat mengikuti rangkaian dan melakukan update informasi Musrenbang pada website http://bappeda.jogjaprov.go.id/

Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta
(0274)589583, (0274)557418
(0274)562811
(0274)586712
http://bappeda.jogjaprov.go.id
bappeda@jogjaprov.go.id

Kontak Kami

Silahkan Kirim Tanggapan Anda Mengenai Website Ini Atau Sistem Kami Saat Ini. Tanggapan Anda Sangat Membantu Untuk Meningkatkan Pelayanan Kami Kepada Masyarakat.Apabila terdapat kendala dalam menemukan informasi yang dicari dapat mengunjungi halaman FAQ