Berita


  • Admin Bappeda
  • 06 April 2018 - 14:17:08

Performance Report DIY

Perfomance Report Sebagai Manifestasi Komitmen Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Pemda DIY

oleh: Pratama

 

 

Filosofi Hamemayu Hayuning Bawana yang mendasari pembangunan daerah DIY, merupakan cita-cita luhur untuk mewujudkan tata nilai kehidupan masyarakat Yogyakarta berdasarkan nilai budaya, sebagaimana tertuang dalam RPJMD Periode 2012 - 2017. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, pelaksanaan pada tahun 2017 yang merupakan fase akhir dari periode pembangunan lima tahunan tersebut, dimaknai sebagai  Renaisans Jogja yang mengacu pada konsep aworing kawulagusti dan golong-gilig, serta diekspresikan oleh sikap satria: sawiji, greget, sengguh ora-mingkuh, memberikan vitalitas dan roh baru, arah baru, nilai baru, kekuatan baru dari pergeseran kekuatan peradaban yang bergerak menuju ke timur, seraya meluruskan kembali rasa ketuhanan. Renaisans Daerah Istimewa Yogyakarta dilakukan dengan 9 strategi (pendidikan, pariwisata, teknologi, ekonomi, energi, pangan, kesehatan, keterlindungan warga, tata ruang dan lingkungan),  memberikan perpektif paradigma pembangunan baru untuk mewujudkan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam membangun peradaban baru yang unggul dengan strategi budaya: membalik paradigma “among tani” menjadi “dagang layar”, dari pembangunan berbasis daratan ke kemaritiman, dengan menggali, mengkaji dan menguji serta mengembangkan keunggulan lokal (local genius).

Selanjutnya untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan pembangunan sebagaimana dituangkan dalam LKPJ serta Perfomance Report Pemda DIY Tahun 2017 yang merupakan manifestasi komitmen reformasi birokrasi dan akuntabilitas kinerja Pemda DIY, dilakukan dengan melihat protret kinerja pada 15 sasaran strategis serta 17 Indikator Kinerja Utama Pemda DIY, serta beberapa capaian pembangunan daerah seperti pencapaian SDG’s, IPM, IPG, dan inovasi pemerintah daerah dalam pelayanan publik. Capaian indikator kinerja sasaran Pemda DIY merupakan gambaran tentang ukuran keberhasilan pencapaian visi-misi Gubernur dari keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah, terutama dalam memenuhi kinerja pada aspek kesejahteraan, layanan, dan daya saing. Sesuai dengan review terhadap RPJMD DIY 2012 – 2017 sebagai upaya untuk penyesuaian dengan perubahan kelembagaan dan dalam rangka efektivitas pelaksanaan pembangunan daerah, telah dilakukan beberapa penyesuaian target indikator pada Indikator Kinerja Sasaran Pemda DIY terutama pada tahun 2016 hingga 2017, yang hakekatnya semakin memacu upaya mencapai keberhasilan pembangunan daerah yang menuntut pengelolaan pemerintahan secara akuntabel, transparan, dan lebih meningkatkan layanan publik. 

Potret kinerja Pemda DIY pada tahun 2017 dilihat dari capaian 17 indikator Indikator Kinerja Utama dengan capaian sebanyak 7 indikator memiliki persentase capaian melebihi target (>100%), 3 indikator sesuai target (=100%),  5 indikator belum tercapai atau tingkat capaiannya berada pada aras <100%, serta terdapat 2 indikator yakni rata-rata lama sekolah dan pendapatan per kapita per tahun tidak dapat diperbandingkan dengan target yang ditetapkan karena adanya perubahan metode yang digunakan. Perbedaan perhitungan capaian dan target rata-rata lama sekolah terletak pada cakupan penduduk yang dihitung dimana pada metode lama yang dihitung adalah penduduk berusia 15 tahun keatas sedangkan pada metode baru yang dihitung adalah penduduk berusia 25 tahun keatas. Sementara itu,  perbedaan perhitungan capaian dan target pendapatan per kapita per tahun disebabkan penentuan targetnya menggunakan  metode lama yang merupakan perhitungan turunan dari PDRB atas dasar harga berlaku sedangkan capaiannya menggunakan metode baru dengan pendekatan pengeluaran per kapita yang disesuaikan.

Secara umum jika dibandingkan dengan capaian pada tahun 2016, sebagian besar capaian kinerja indikator pada tahun 2017 telah menunjukkan peningkatan kinerja, yang mengindikasikan pelaksanaan program/kegiatan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta telah memiliki sumbangan signifikan terhadap pencapaian sasaran sebagaimana target yang sudah ditentukan (informasi LKPJ dan Perfomance Report Pemda DIY selengkapnya dapat diunduh melalui link ini).

Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta
(0274)589583, (0274)557418
(0274)562811
(0274)586712
http://bappeda.jogjaprov.go.id
bappeda@jogjaprov.go.id

Kontak Kami

Silahkan Kirim Tanggapan Anda Mengenai Website Ini Atau Sistem Kami Saat Ini. Tanggapan Anda Sangat Membantu Untuk Meningkatkan Pelayanan Kami Kepada Masyarakat.Apabila terdapat kendala dalam menemukan informasi yang dicari dapat mengunjungi halaman FAQ